Kepotoday.com – Sebagai salah satu relawan pemenangan Joko Widodo Ma’ruf Amin untuk pilpres 2019, Presidium Nasional Jangkar Jokowi yang dikomandoi I Ketut Guna Artha terus giat bersosialisasi untuk memperkenalkan maksud dan tujuan dibentuknya organ relawan ini dengan berbagai cara dan metode pendekatan yang bermuara untuk memperluas dukungan pemilih atas kerja-kerja yang telah dan terus diupayakan pemerintahan Jokowi.

“Sebagai relawan tugas saya hanya memperkuat keyakinan masyarakat yang telah menyatakan pilihannya kepada bapak Jokowi serta meyakinkan untuk masyarakat yang masih ragu-ragu dengan pilihannya. Di lapangan memang masih kita temukan berseliweran informasi hoax yang jika tidak dikelola dengan bijak bisa saja mempengaruhi elektabilitas. Berita-berita hoax saya rasakan ketika keliling ke sejumlah daerah. Oleh karena itu penting bagi saya untuk bersilahturahmi dengan kepala daerah untuk berpesan agar kepala daerah berperan serta menyampaikan fakta atas kebijakan serta capaian-capaian pemerintah dan menangkal hoax.

Kepala daerah yang sudah kami jumpai diantaranya Bupati Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Walikota Baubau di Sulawesi Tenggara,” I Ketut Guna Artha.

“Selain daratan Sulawesi dan kepulauan, kami telah berkunjung ke kepulauan di Maluku. Diantaranya Ternate, Morotai di Maluku Utara serta Ambon di Maluku. Saat ini tim kami sedang berada di Papua untuk sosialisasi. Begitu luasnya Indonesia yang dibatasi laut membutuhkan cukup waktu untuk bisa menjangkaunya. Namun teknologi telah mengubah bentangan jarak tersebut dalam genggaman sebuah “gadget”. Maka dari itu upaya yang dapat kami lakukan adalah dengan membentuk simpul-simpul jaringan dalam media sosial untuk menangkal penyebaran berita hoax yang sangat cepat dikonsumsi masyarakat,” I Ketut Guna Artha.

Apa yang telah kami lakukan di daerah pendekatannya tentu berbeda dengan yang dilakukan di Jakarta yang padat pemukiman serta di episentrum politik. Di Jakarta kita temukan banyak aktifis pergerakan. Dan kehadiran relawan Jangkar Jokowi perlu kami sosialisasikan.

Dalam rangka menyikapi keadaan negara yang dipahami sebagai wilayah potensi bencana kami menyelenggarakan aksi solidaritas kemanusiaan donor darah di kantor PMI DKI Jakarta. Demikian yang disampaikan Jack Newa sebagai panitia pelaksana Aksi Donor Darah Jangkar Jokowi.

“Saya pikir ini salah satu upaya kami untuk mengajak masyarakat Jakarta tertarik bergabung dalam relawan Jangkar Jokowi. Ini sebagai kegiatan awal kami karena yang saya tahu selama ini Jangkar Jokowi lebih banyak aktifitasnya diluar Jawa. Mudah2an model pendekatan kegiatan kemanusiaan seperti ini menjadikan masyarakat yang belum terwadahi oleh organ relawan dapat kami ajak untuk membentuk struktur Presidium Provinsi Jangkar Jokowi di Jakarta,” Jack Newa.